Konro Bakar Karebosi, Sensasi Nikmatnya Hingga ke Tulang Iga.

Konro. Siapa sih yang gak tahu dengan nama makanan khas makassar ini ? saya yakin pasti banyak juga yang tidak mengenal makanan khas makassar yang satu ini 😂😂😂. tapi bagi kalian yang doyan makan, pasti tau dong...ya kan ya kan 😁 atau setidaknya pasti pernah dengar lah ya dengan nama makanan yang disebut konro ini (please deh akui aja..please..🙌).


Konro berasal dari tulang iga sapi dan merupakan makanan khas asli Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dan kok ya kebetulan, saya yang merupakan kuli di sebuah perusahaan mendapatkan tugas untuk pergi ke Makassar. Tentunya hal ini tidak saya sia - siakan untuk mencicipi makanan khas yang ada di kota Makassar (tentunya setelah pulang kerja ya 😁).

Berbekal GPS (gunakan penduduk sekitar) tujuan kuliner pertama saya di kota Makassar jatuh pada Konro Karebosi. Konro ini beralamatkan di Jalan Gunung Lompobattang no. 41 - 43, Makassar. Konro Karebosi ini sendiri sudah ada sejak tahun 1968 (gilak tua amat yak 😅).


Untuk menunya sendiri, disini saya memilih menu yang paling favorit yaitu Konro Bakar. tapi bagi kalian yang tidak suka bakar bakaran, disini juga tersedia sop konro juga kok. Dan dalam hitungan menit, konro bakar dengan cepat udah tersaji dihadapan saya 👏.


Guede (Besar). itu lah yang tertanam dibenak saya ketika sang konro bakar ini menggelepar dihadapan saya dengan baluran bumbu kacang. nampak sekali tulangnya yang begitu besar serta balutan dagingnya yang cukup banyak menempel pada tulangnya. tak perlu waktu lama, segera saya menyantap konro bakar ini.

Terasa sekali dagingnya yang empuk dan mudah dikoyak dengan gigi dari tulangnya (gak pake emosi pastinya 😁). Aroma rasa "gosong dan pait" karena dibakar dan juga dari bumbu kacangnya makin membuat rasanya menjadi perfect. Tak ketinggalan juga aroma khas rempah pada konro bakar ini yang makin menambah rasa nikmat 😋.

Dan yang unik dari konro bakar ini, kita juga diberi kuah untuk menemani dalam menyantap konro bakar. bagi kalian yang suka pedas dan juga rasa asam, juga diberikan sambal dan jeruk nipis sebagai penyedap. dan tentunya juga ada nasi sebagai pemberat perut.


untuk tempatnya sendiri cukup standard malah seperti terlihat usang. Jangan dibayangkan seperti rumah makan mewah ya. Tapi bagi saya masih cukup layak kok buat makan bersama keluarga, teman ataupun pacar. Untuk bumbu khas konro bakar karebosi ini sendiri sudah diturunkan secara turun temurun jadi rasa tetap terjaga. Bahkan pada tahun 2012 RM Konro Karebosi ini pernah mendapatkan "Kalla Award" di bidang kewirausahaan. Sementara untuk harganya sendiri per desember 2018 dibanderol sekitar Rp 52.000,-



Jadi bagi kalian yang ke Makassar, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak serta mencicipi Konro Karebosi khas Makassar yang satu ini. Dan bagi kalian yang berdomisili di Jakarta, tidak usah bersedih karena Konro Karebosi ini juga membuka cabang di Jakarta loh, tepatnya di Jalan Boulevard Raya Blok T.A.2 No. 38 Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara.



Salam Gragas


NewerStories OlderStories Beranda

0 komentar: